Thursday, December 6, 2007

oN Mourn

Tepatnya kemaren pas seminggu Bi Iis, adik bungsu dari bokap, telah kembali ke Rahmatullah. Wuih....rasanya msh blm bisa percaya sepenuhnya klo bibi gue ini sdh pergi. Kayaknya kota Bandung bakal sedikit berbeda pabila gue berkunjung, karna biasanya gue hampir selalu mampir ke rumahnya.
Bagi gue dia lebih dari sekedar bibi yg gue miliki. Dulu jamannya gue msh anak kosan dan ngejomblo (hehehe, maksudnya apa nih???), rumahnya bagai surga dikala uang kiriman gue blm dtg padahal tanggalan msh belasan. Gue bisa makan, bikin sirop, maen gim pc ampe begadang, dll, sepuasnya. Selain bibi gue yg ini, ada lg bibi gue yg laen, yg dlm hal ngerepotin, 50-50 deh persentasenya. Hebatnya lagi....bukan cuma gue yg biasa makan rumah mereka, tapi kadang temen gue jg disuruh makan...malahan dibekelin segala!!!
Makanya saat gue tau kbr klo penyakitnya dah ga bisa diobatin, rasanya bagai seribu tombak menghujam dada! Gimana enggak...denger penyakit yg divonis dokter aja dah cukup bikin hati bergidik, LEUKEMIA. Nah, ini definisi yg gue kopi dr Wikipedia Indonesia:

Leukemia atau kanker darah adalah sekelompok penyakit neoplastik yang beragam, ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pemebntuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid. Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia mempengaruhi hematopoiesis atau proses pemebentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.
Kata leukemia berarti "darah putih", karena pada penerita ditemukan banyak sel darah putih sebelum diberi terapi. Sel darah putih yang tampak banyak merupakan sel yang muda, misalnya promielosit. Jumlah yang semakin meninggi ini dapat mengganggu fungsi normal dari sel lainnya.


Cukup lama juga bibi gue bertahan, kurang lebih setahun ia berjuang dg penyakitnya. Udah tiap berapa bulan transfusi darah supaya sel darah merahnya menjadi lbh banyak lagi. Tapi itu semua tdk memberi sesuatu yg signifikan! Trus diterusin ma pengobatan alternatif, hasilnya sama aja. Dan.......setelah sekian lama mencari penawarnya......akhirnya, tgl 28 Nov 07 jam 20:25 di RS Borromeus, bibi gue menghembuskan napas terakhirnya....

There're so much support she gave me, but there's nothing i could give for a return...

No comments: