Thursday, January 29, 2009

On jOurney tO ciwidey: kaWah putiH & siTu panTenggaNg

Wiken minggu lalu menang sangat berbeda dari biasanya. Biasanya wiken gue habisin dg nongkrong di rumah temen, maen game ampe besoknya, jalan ke mall sambil ngegodain sapa aja (sukur-sukur klo dapet cewe' trus bisa berlanjut ke...), atau bahkan dirumah aja sambil nonton acara tv yg semakin tdk penting (abis, isinya cuma sinetron dg tema sama hanya penyajian yg berbeda!).
Tapi wiken kemarin gue bertamasya ke wisata alam dipinggiran kota Bandung. Emang siy, gue sering ke Bandung, tapi kili ini sangat berbeda dan berkesan sekali. Gue dah ga inget kapan terakhir gue tamasya (dlm arti kata sebenernya) berkunjung ke tempat-tempat wisata alam. Dan akhirnya, gue merasakan sensasinya lagi...
Berangkat dr kota Bandung di hari minggu(25/01), waktu menunjukkan sekitar jam 08:30. Pada jam segitu, jalanan masih relatif kosong dg beberapa titik kepadatan yg tak berarti. Gue ngambil jalur Cibaduyut, yg kemudian menuju ke Soreang utk kemudian sampai di Ciwidey. Perjalanan dari Bandung hingga tiba di tempat tujuan memakan waktu sekitar 2 jam.
Wisata pertama yg gue kiunjung adalah Kawah Putih. Dg modal masuk tiket seharga Rp.10000 ditambah tiket masuk mobil Rp.5000, maka melengganglah gue menyusuri jalan kecil yg berliku, yg dirindangi pepohonan layaknya menerobos hutan. Awalnya tekstur jalannya bagus seperti baru diaspal, namun kemudian jalan berubah menjadi berlubang di sana-sini dg tekstur yg kasar. dan krn sempitnya luas jalan tsb, maka jika ada mobil yg berpapasan kita hrs ekstra hati-hati mengambil tepian jalannya krn banyak batuan yg menjorok keluar. Kurang lbh setengah jam menempuh jalan tsb, akhirnya gue sampai dipuncak kawah gunungnya. Nah sampai disini, biarlah photo-photo ini yg menceritakannya...


Wisata di Kawah Putih ini gue tuntaskan ketika cuaca mulai tdk bersahabat, dg turunnya hujan. saat menuju parkiran, terpikir utk melanjutkan ke wisata alam lainnya yg berada berdekatan yaitu ke situ Patenggang. Yah, mumpung msh di area yg berdekatan jd sekalian aja gue kunjungi. Saat kembali menyusuri jalan kecil tadi, dua kali mobil gue tersangkut pd bebatuan hingga mengeluarkan suara gesekan yg mengiris hati. duh, mobil gue kenapa-napa gak yah????
Balik kejalan utama, mobil gue lajukan dg tenang. Aroma suasana sejuk khas pegunungan begitu terhirup segar. Apalagi dg diguyurnya oleh air hujan, menambah kesegaran yg tercampur dg aroma tanah basah yg menghijau. Dah lupa deh dg peristiwa mobil gue tadi.....
Sampai di gerbang wisata Situ Patenggang, kembali gue merogoh kocek utk membayar tiket masuk orang ma mobilnya. Klo ga salah, per orang dikenakan seharga Rp.2000, sedang mobilnya tetep Rp.5000. Nah, klo disini jalan menuju lokasi wisatanya jauh berbeda dg yg sebelumnya. Jalan yg cukup lapang hingga muat dilalui oleh dua mobil berpapasan dg tekstur jalan yg relatif halus. Hanya saja saat tiba di temapt parkirannya, curam sekali turunannya! Lagipula sangat sempit sekali area parkiran yg tersedia. Namun yg namanya rezeki emang tdk akan kemana, terbukti hanya dg satu putaran langusng dpt parkiran. Tapi yg jd kendala adalah hujan yg turun sepertinya kok cenderung malah membesar yah.... hingga akhirnya terpaksa gue terkurung dlm mobil hingga hujan reda. Tak pelak, hampir satu jam gue berdiam dlm mobil!!! Kesel ma bete campur aduk deh. Ga tahan, gue paksain aja keluar nyari pedagang kakilima yg menjajakan bakso sekaligus menyediakan tempat bersantapnya. Lumayan, pikir gue, daripada dlm mobil bisa-bisa gue mati lemes kekurangan O2.
Aha.....akhirnya hujan reda, perut pun kenyang. Maka langsung aja gue ke Situ Patenggangnya.......eh, dah pada tau kan apa artinya situ dlm bahasa Sunda???? itu artinya adalah danau. Oke, sdh dulu basa-basinya.....biarkan photo-photo ini yg kembali akan bercerita....















Puas sdh perjalanan berwisata hari itu. Dan karena long wiken, maka baru gue sadar klo perjalanan pulang ini macet total!!! Butuh waktu 2 jam hanya utk mencapai alun-alun ciwidey. Tapi semua terbayarkan sudah dg kekaguman atas keindahan ciptaan Illahi. Terlebih-lebih ada yg sangat bahagia sekali karena akhirnya kesampaikan juga keinginannya utk berfoto-foto dikedua lokasi wisata tersebut. Hal ini gue sadari ketika memandang dirinya yg terlelap kecapaian disamping gue tapi seulas senyum terlukis pada wajah cantiknya....
Yup!!! Apapun yg diinginkannya, akan gue lakukan dg kesabaran dan hati ikhlas tanpa pamrih....

No comments: